GOD’S VOICE, VISION AND VICTORY (2)

Home / Weekly Message / GOD’S VOICE, VISION AND VICTORY (2)
GOD’S  VOICE, VISION AND VICTORY (2)

Sekilas review minggu lalu..

Dalam proses pemuridan, orang percaya dituntun oleh Tuhan.

  1. Melalui suaraNya (His Voice)

“Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.” Yohanes 10:27

  1. Melalui visiNya (His Vision). Orang percaya mampu memandang jauh kedepan sampai kekekalan. (Yeremia 29:11).

Sambungan minggu ini :

  1. HIS VICTORY

 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (1 Korintus 15:57).

Cara pandang manusia/dunia tentang kemenangan berbeda dengan dengan cara pandang Tuhan.  Kemenangan kita adalah dalam Kristus, bukan dengan cara dan kekuatan sendiri. Bagaimana bisa mengalami kemenangan dengan cara Tuhan? Dengan merendahkan hati, taat mengikuti  suara Tuhan dan mengenakan cara pandangNya. Kunci kemenangan Tuhan Yesus adalah saat IA merendahkan diri, mengambil rupa seorang hamba dan taat kepada kehendak Allah Bapa. Inilah yang membuat Allah Bapa sangat meninggikan DIA.

yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa! (Filipi 2:6-11).

Jika kita mau merendahkan hati dan taat, maka Roh Kudus akan memimpin dan memampukan kita untuk meresponi segala sesuatu dengan tepat sesuai kehendak Bapa; baik itu masalah, penderitaan/aniaya, ujian iman, jalan buntu/kemustahilan, kelemahan, kegagalan, keberhasilan, teguran, didikan, perbedaan pendapat/karakter, dlsb. Inilah yang dinamakan kemenangan dengan cara pandang Kristus. Seburuk apapun hal yang kita alami, Allah dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi kita. Ratap dapat diubah jadi tarian, kutuk diubah jadi berkat, lembah kekelaman diubah jadi lembah pujian, dan kelemahan kita dipakai Tuhan untuk menyatakan kekuatan kuasaNya. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepada Tuhan.

Firman Tuhan mengatakan bahwa memang setiap orang yang mau hidup beribadah dalam Kristus akan menderita aniaya (2 Tim. 3:12). Tapi jangan takut dan gentar sebab sesungguhnya orang yang percaya kepada Kristus telah ditentukan untuk menjadi pemenang. “sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?” (1 Yohanes 5:4-5).

Kerendahan hati serta ketaatan adalah kunci kemenangan orang percaya. Kalaupun kita dianiaya, difitnah atau dihakimi oleh orang lain karena menyampaikan dan melakukan kebenaran, maka sikap yang paling bijak adalah merendahkan hati dan tidak menuntut hak kita karena pembalasan adalah hak Allah (bonus V: His Vengeance).

  1. HIS VENGEANCE

Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. (Roma 12:19).

Banyak orang Kristen hanya mau dengar tentang Allah yang penuh kasih, memberkati, murah hati dan panjang sabar; tapi tidak suka kalau disampaikan tentang penghakiman dan pembalasan Tuhan. Orang yang  menyampaikan teguran kasih atau memberikan pengajaran semacam itu lantas dianggap seperti seorang ahli taurat yang sedang menghakimi jemaat.

Allah adalah Kasih, murah hati, penuh belas kasihan, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Di sisi lain Allah juga Maha Adil, IA menghukum setiap pelanggaran tanpa memandang bulu. Dalam waktu yang bersamaan, Allah sangat mengasihi kita, tetapi Dia juga tidak membiarkan DiriNya dipermainkan – apa yang kita tabur itu yang akan kita tuai. DidikanNya adalah demi kebaikan supaya kita luput dari hawa nafsu dunia yang membinasakan. Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya (Roma 2:7-8). Berkat atas orang yang mau merendahkan hati, tapi murka Allah atas mereka yang congkak dan mengeraskan hati (Roma 2:5).

Sekalipun kita harus menderita karena kebenaran, kita akan disebut berbahagia. Mengapa? Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena dosa/kesalahan sendiri. Kristus sendiri memberi teladan kerendahan hati yang luar biasa dalam menghadapi aniaya yang menimpa DiriNya. Tuhan tidak menuntut hakNya melainkan menyerahkannya kepada Bapa.

Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. (1 Petrsu 2:23).

Kerendahan hati serta ketaatan akan mendatangkan pembelaan Tuhan dalam hidup kita, tetapi kesombongan menjadikan kita musuh Allah. Kesombongan membawa kepada kejatuhan sebab Allah menentang orang congkak tapi mengasihani orang  yang mau merendahkan hati.

PENUTUP

Hal penting yang harus dilakukan menjelang kedatangan Tuhan ke dua kali adalah berlaku sebagai gadis bijaksana yang mau dimuridkan dan dipersiapkan jadi mempelai Kristus. Waspada jangan sampai sudah begitu giat menjangkau jiwa/memberitakan Injil, tapi ternyata kita sendiri ditolak (1 Kor. 9:27). Murid Kristus sejati akan menghasilkan buah-buah kebenaran karena mengikuti His voice, His vision dan berjalan dalam His Victory. Tantangan, ujian dan penderitaan tetap harus dialami, tapi kasih karunia Allah (sufficient/cukup) baginya.

Latest posts: