DIPULIHKAN UNTUK HIDUP DALAM RENCANA DAN TUJUAN ALLAH

Home / Weekly Message / DIPULIHKAN UNTUK HIDUP DALAM RENCANA DAN TUJUAN ALLAH
DIPULIHKAN UNTUK HIDUP DALAM RENCANA DAN TUJUAN ALLAH

PENDAHULUAN

Kita diciptakan untuk hidup dalam rencana dan tujuan Allah. “Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.” (Efesus 1:4-5)

Untuk itu, gambar dan rupa Allah dalam diri kita (karakter Kristus) harus terlebih dulu dipulihkan dan masuk dalam rencanaNya. Mari belajar His Perspective, His Plan and His Purpose.

ISI

  1. His Perspective (Cara pandang Allah)

Cara pandang dunia dan cara pandang Allah sangat berbeda. Dunia menilai dan mengukur segala sesuatu dari apa yang terlihat dan bersifat sementara; cara pandang Allah adalah tentang kebenaran yang bersifat kekal. Orang percaya sudah diberi hati yang baru (Yeh. 36:26-27), jadi seharusnya dalam menghadapi apapun cara pandangnya bukan lagi seperti dunia (Roma 12:2; Efesus 4:22-24). Masalah, ujian iman, dan penderitaan kita lihat dari perspektif Allah. Cara pandang Allah mencakup 3 hal: kebenaran (firman Tuhan), iman yang bekerja dalam kasih (ketaatan melakukan firman) dan kekekalan.

Kalau tidak demikian, maka kita akan selalu mengalami pertentangan dalam batin, kebingungan dan ketakutan. Tapi jika kita mengenakan cara pandang kebenaran dan hidup oleh iman, maka proses pembaruan akal budi pasti terjadi. Cara berpikir, nilai, prioritas, gaya hidup, sifat/karakter serta tujuan hidup kita pun berubah. Tidak lagi berpikir pendek, sempit dan sembrono tapi memikirkan perkara-perkara kekal, di mana Kristus ada.

Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. (Kol. 3:1-3).

Semakin kita mengenal Dia, semakin kita mengerti hati dan kehendakNya. Roh Kuduslah yang mengerjakan pembaruan itu dalam manusia roh kita. Roh Kudus adalah Penolong yang memberi kekuatan untuk sabar dan bertekun, keteguhan hati untuk taat, dan keberanian untuk berjalan dalam rencana Bapa. karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. (Filipi 2:13).

  1. His Plan (Rencana Allah)

Manusia bisa saja berencana, tapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya. Pada kenyataannya, rencana kita (mimpi/target, ide, pilihan dan keputusan) sering gagal karena kita tidak berkuasa menentukan jalan dan langkah sendiri (Yer. 10:23). Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok; apabila seseorang dipanggil Tuhan, ia kembali jadi debu tanah dan lenyaplah semua rencananya (Maz. 146:4). Tidak demikian dengan TUHAN; IA adalah Alfa dan Omega, yang tahu dari awal sampai akhir hidup kita. Allah membawa kita  masuk dalam rencanaNya yang bersifat kekal, terbaik dan anti gagal.

Masuk dalam rencana Tuhan bukan berarti bersikap masa bodoh, tidak bergairah dan pasif/tidak mengerjakan apa-apa. Masuk dalam rencana Tuhan artinya kita rela dan taat mengikuti perintah dan kehendakNya. Roh Kudus akan membawa kita kepada seluruh kebenaran. Kita tidak lagi berambisi mewujudkan agenda pribadi, melainkan rela menyelaraskan diri hidup sesuai dengan rencanaNya. Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu (Ephesians 4:1)

Rencana Allah atas hidup kita itu besar, melebihi pemikiran dan kesanggupan kita. Sekalipun mengalami tantangan, itu tidak akan melebihi kekuatan kita. Allah, yang telah memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia (1 Korintus 1:9).

Mereka yang hidup dalam rencana dan tujuanNya berbuah banyak.

  1. His Purpose (Tujuan Allah)

Allah menjadikan kita ciptaan baru bukan untuk kehidupan yang tanpa rencana, tanpa tujuan dan serampangan. Roma 8:28 “..Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Ayat tersebut mengatakan bahwa Allah memiliki rencana dan panggilan bagi kita yang mengasihi DIA. Secara garis besar ada 3 tujuan Allah bagi setiap orang percaya :

– Hidup kudus dan bersekutu (unity dengan Tuhan dan sesama)

– Be fruitful and multiply – hidup yang berbuah, diberkati untuk menjadi berkat (Kejadian 1:28).

– Tinggal di dalam kasih (menjadi pelaku FirmanNya) sambil menantikan kedatangan Tuhan Yesus.  Menjadi saksi (terang dan garam dunia) supaya dunia percaya kepada Tuhan Yesus Kristus (Yohanes 17:21).

Untuk rencana dan tujuan inilah Allah menyelamatkan serta memulihkan kita. Kita diciptakan kembali untuk membawa kemuliaan bagi NamaNya, bukan untuk hidup bagi diri sendiri. Manusia lama kita telah mati dan hidup kita tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

PENUTUP

Bila ada dari kita yang saat ini kasihnya mulai jadi dingin, tidak lagi bergairah dengan Tuhan, suam, perlahan-lahan kerajinan kendor, pikiran selalu negatif, hati mulai pahit, bersungut-sungut, menyalahkan, membanding-bandingkan – mari kita merendahkan hati, bertobat dan kembali kepada kemurnian iman yang semula kepada Tuhan. Bertumbuhlah dalam kasih karunia agar hati tidak menjadi picik, lupa bahwa dosa-dosa kita telah diampuni.

Allah sanggup memulihkan dan membuat segala sesuatu menjadi baru (Yesaya 43:19). Apapun yang terjadi dalam hidup kita, suka atau duka, kelemahan atau kesalahan yang kita lakukan – bisa dipakai Allah sebagai ‘bahan baku’ untuk membawa kita masuk dalam rencana dan tujuanNya.

Latest posts: