MELAKUKAN AMANAT AGUNG SECARA TERPADU (bagian 2)

Home / Weekly Message / MELAKUKAN AMANAT AGUNG SECARA TERPADU (bagian 2)
MELAKUKAN AMANAT AGUNG SECARA TERPADU (bagian 2)

Sekilas review minggu lalu :
Amanat Agung adalah pesan terakhir dan terpenting yang Tuhan Yesus perintahkan sebelum Ia naik ke surga. Tuhan ingin agar Gereja kembali pada kasih mula-mula dan mengasihi jiwa-jiwa dengan unity dan komitmen mengerahkan seluruh potensi untuk menuntaskan Amanat Agung Matius 28:19-20.

Amanat Agung mencakup beberapa hal yang harus dilakukan secara terpadu, yaitu :
1. Memberitakan Injil.
2. Membaptis orang yang percaya kepada Kristus melalui pemberitaan Injil.

Sambungan minggu ini :

3. Menjadi murid Kristus, terang dan garam dunia.

Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga. (Matius 5:13-16)

Setiap kita yang tertanam di gereja lokal BIC tidak cukup hanya menjadi jemaat saja, tapi harus menjadi murid Kristus. Gereja yang dipimpin Roh Kudus akan berani mengajarkan kebenaran sejati dan tidak mengkompromikan kebenaran firman dengan mengajarkan standard budaya kepada jemaatnya.

Sebelum menyerahkan diri menjadi murid, terlebih dulu serahkan hati kita secara bulat kepada Kristus agar hidup kita dimiliki olehNya. Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. (Lukas 14:33).

Murid Kristus yang dipenuhi oleh Roh Kudus mampu melawan arus dunia sehingga dapat bersaksi dengan leluasa.

Jangan menjadi garam yang tawar/tidak berguna tapi berfungsilah sebagai garam yang menebarkan kasih Tuhan serta berdampak bagi orang lain. Hendaklah terang kita bercahaya di tengah kegelapan dunia. Jangan menyembunyikan terang itu dengan menjadi serupa dengan dunia dan kompromi dengan dosa. Kalaupun mengalami tantangan, belajarlah melakukan yang benar. Memang setiap orang yang mau hidup beribadah dalam Kristus akan menderita aniaya, tapi hendaklah kita setia berpegang kepada kebenaran sampai garis akhir karena besar upah yang menanti.

Hiduplah sebagai anak-anak terang yang konsisten dan berintegritas. Jangan turut mengambil bagian dalam perbuatan kegelapan seperti yang dilakukan mayoritas orang dunia. Jangkau saudara seiman yang hatinya sudah jauh dari Tuhan dan yang menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah karena berbagai alasan kesibukan, perselisihan, kepahitan, dlsb. Mereka juga perlu kita layani dan muridkan.

4. Pergi dan menjadikan segala bangsa murid Kristus.

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman (Matius 28:19-20).

Pergi maksudnya ambil langkah, berbuatlah sesuatu. Mulailah memuridkan orang-orang yang Tuhan tempatkan di hidup kita. Bagaimana cara memuridkan orang lain? Tabur kasih, doakan mereka untuk mengalami Tuhan secara pribadi, bagikan nilai-nilai kebenaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (pastikan kita juga hidup di dalam kebenaran agar tidak jadi batu sandungan), ajak mereka ikut beribadah atau bergabung dalam Cool, dlsb.

Melalui Cool kita belajar dan bertumbuh menjadi murid yang dewasa dalam iman. Berdoa minta Tuhan gerakkan hati saudara seiman dan jiwa-jiwa yang baru bertobat untuk mau dimuridkan dalam Cool. Cool merupakan wadah dimana anggota jemaat dimuridkan, dibentuk, diproses agar bertumbuh secara rohani menjadi murid yang semakin serupa dengan Kristus.

Dalam proses ini dibutuhkan komitmen dan kerendahan hati agar menghasilkan hidup yang berbuah. Adalah biasa dalam sebuah proses pemuridan kalau kita ditegur, dikoreksi, diajar serta dibimbing. Jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk berhenti bertumbuh melalui Cool. Suatu hari nanti kita akan bersyukur dan berusukacita melihat hidup kita diubahkan dan menjadi dampak bagi banyak orang. Dimuridkan untuk memuridkan orang lain, reach one to reach everyone.

PENUTUP

Amanat Agung merupakan suatu kesatuan yang dilakukan secara terpadu. Melakukan Amanat Agung berarti melayani kehendak Allah, melayani jemaat dan orang yang belum percaya kepada Kristus. Gereja tanpa pemuridan adalah gereja tanpa Kristus.

Beritakan Injil kepada jiwa-jiwa yang terhilang, ajak, dorong dan doakan mereka yang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus untuk dibaptis, muridkan jemaat dan orang-orang yang baru bertobat agar bisa memuridkan orang lain. Ini adalah siklus pemuridan sesuai dengan 2 Timotius 2:2

“Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.”

 

Latest posts: