ALLAH ITU SETIA

Home / Monthly Theme / ALLAH ITU SETIA
ALLAH  ITU  SETIA

Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia (1 Korintus 1:9)

 

PENDAHULUAN

Banyak sekali bukti yang menunjukkan sifat kesetiaan Allah, antara lain keteraturan dalam tatanan alam semesta termasuk tubuh manusia; di mana Allah menopang dan memelihara seluruh ciptaan dengan firmanNya. Alkitab juga banyak menuliskan tentang kasih setia Allah yang dinyatakanNya kepada orang yang takut akan DIA. Pada bahan kali ini, kita mau belajar tentang sifat/karakter Allah yang setia, maksud kesetiaanNya yang dinyatakan bagi kita, serta bagaimana meresponi kasih setia Allah.

 

ISI

Kesetiaan Allah tidak dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang terjadi dari luar atau hanya bersifat musiman. Kasih setia Allah tidak pernah berubah dahulu, sekarang dan selamanya. Setia adalah karakter Allah, Dia tidak dapat menyangkal DiriNya sendiri dengan berlaku tidak setia. Lalu bagaimana kita meresponi kesetiaan Allah?

Arti kata setia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah  1 berpegang teguh (pada janji, pendirian, dan sebagainya); patuh; taat; 2 tetap dan teguh hati. Kesetiaan kita kepada Allah berarti memilih untuk percaya dan taat kepada Dia di antara pilihan lain yang kita lebih suka atau yang lebih baik menurut kita. Kita tetap berpegang teguh kepada firman meski dalam keadaan yang kurang baik, dalam keadaan nyaman/sedang tidak ada masalah, atau keadaan yang sepertinya belum jelas/dimengerti.

Manusia gampang sekali berubah setia kepada Tuhan. Di mata Tuhan, kesetiaan manusia mudah hilang seperti kabut pagi dan seperti embun yang hilang pagi-pagi benar (Hosea 6:4). Mungkin banyak orang menyebut dirinya baik hati, tetapi orang setia tidak banyak ditemukan.

Untuk dibentuk menjadi orang yang setia, Tuhan akan menguji kita melalui 4 macam perkara:

  1. Melalui tantangan, masalah dan penderitaan.

Apakah kita tetap setia bertekun mencari kehendak Allah atau berusaha dengan kekuatan/pengertian sendiri. Apakah kita tetap bisa bersyukur dan bersukacita dalam segala keadaan, atau malah jadi lemah, bersungut-sungut, mengasihani diri sendiri dan kecewa dengan Allah.

  1. Melalui keadaan sedang baik-baik saja, diberkati, ada dalam kenyamanan, diberi promosi, dipakai Tuhan secara luar biasa, memiliki karunia yang hebat.

Apakah kita semakin takut akan Tuhan dan mengandalkan DIA, semakin rendah hati karena sadar kalau tidak waspada kita bisa mencuri kemuliaan Tuhan, terus menjaga hati dengan segala kewaspadaan agar motivasi hati tetap  benar dan murni; atau jadi tinggi hati/jatuh dalam kesombongan, hati melekat kepada hal yang spektakuler, menyalahgunakan berkat, mendua hati/berubah setia, jadi sibuk dan tidak menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama, kerajinan jadi kendor, mengomersilkan karunia demi keuntungan diri sendiri dan menyesatkan orang lain.

  1. Melalui perkara-perkara kecil dan dalam perkara uang/harta.

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar.  Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?  Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu? (Lukas 16:10-12).

Tuhan mengajar dan mendidik kita untuk bertekun dalam kesetiaan melalui perkara kecil yang sepertinya remeh, tidak berarti, tidak ada orang yang melihat, atau hal-hal rutin dan membosankan.

  1. Dalam menjalankan talenta.

Bagaimana tanggung jawab kita dalam mengelola talenta; apakah menjalankan atau menyembunyikannya? Hamba seperti apa kita; yang setia atau yang jahat dan malas? Apakah talenta yang kita miliki (waktu, karunia, finansial, pekerjaan/usaha, pengaruh, dlsb) dijalankan dalam rencana dan kehendak Allah atau menurut keinginan/ambisi pribadi.

“Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”  (2 Timotius 2:13)

Perlu kita camkan bahwa bukan berarti karena Allah tetap setia walaupun kita tidak setia, lantas kita bisa memandang remeh dan mempermainkan kesetiaan Allah. Ingatlah bahwa Allah tidak akan membiarkan diriNya dipermainkan. Apa yang kita tabur, itu juga yang kita tuai.

Kesetiaan Allah kepada kita bukan karena jasa, kebaikan atau kelayakan kita untuk mendapatkan kesetiaanNya. Allah setia karena Ia adalah kebenaran dan di dalam Dia tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran (Yakobus 1:17). Itu sebabnya dikatakan Allah tidak dapat menyangkal diriNya sendiri. Pengertian ini membuat hati kita bersyukur, menaruh hormat dan kagum akan anugerah Allah.

Maksud kesetiaan Allah yang telah memanggil kita dalam persekutuan dengan AnakNya, Tuhan kita Yesus Kristus, adalah agar kita hidup dalam kehendak dan rencanaNya. Kesetiaan Allah yang menopang, memampukan, melindungi dan meneguhkan kita untuk setia memelihara iman kepada Kristus Yesus sampai garis akhir.

 

PENUTUP

Kesetiaan dimulai dari iman yang murni dan hati yang melekat kepada Allah; punya roh takut akan Tuhan serta sikap hati yang mendahulukan DIA. Orientasinya adalah kehendak dan rencana Allah, bukan kehendak dan agenda pribadi. Roh Kudus akan meneguhkan kita untuk hidup dalam kehendak dan rencanaNya karena Allah itu setia.

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. (1 Petrus 5:10)