YESUS DATANG SEBAGAI PENJALA MANUSIA (bagian 2)

Home / Weekly Message / YESUS DATANG SEBAGAI PENJALA MANUSIA (bagian 2)
YESUS DATANG SEBAGAI PENJALA MANUSIA (bagian 2)

Yesus berkata kepada mereka: ”Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia (Matius 4:19)

Sekilas review minggu lalu :

Yesus datang untuk memanggil orang berdosa supaya mereka bertobat dan diselamatkan. IA mengajak kita untuk mengikut DIA sebagai murid dan menjadikan kita sebagai penjala manusia (Matius 4:19).

Sambungan minggu ini :

Tuhan Yesus menghendaki orang percaya bukan tetap menjadi bayi rohani tapi menjadi muridNya. Kita perlu bertumbuh dalam segala hal ke arah DIA supaya menghasilkan hidup yang berbuah.

Untuk dapat mengikut Yesus dan menjadi muridNya, seseorang harus rela meninggalkan segalanya. Mengikut Yesus adalah sebuah penyerahan hidup secara total kepada Allah, bukan luapan emosi sesaat karena telah mengalami mukjizat atau menikmati berkat.

“Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.” (Lukas 14:33)

Ini memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tanpa pertolongan Roh Kudus, tidak seorang pun mampu melepaskan diri dari segala miliknya dan mengikut Tuhan. .. kamu akan Kujadikan penjala manusia..ini tidak terjadi secara instan, melainkan melalui proses didikan Tuhan yang panjang.

Mengikut Yesus juga berarti berpegang teguh kepada firman Tuhan. “Jikalau kamu tetap dalam firman- Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku.” (Yoh. 8:31). Seorang murid Kristus akan tinggal dalam firman Tuhan (firman logos) dan melakukan perintahNya (firman rhema).

Secara garis besar ada tiga syarat mengikut Tuhan Yesus :

a. Berani melepaskan diri dari gaya hidup manusia lama.

Mengikut Kristus harus berani menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru melalui pembaruan di dalam roh dan pikiran oleh firman Tuhan. Pikiran, cara pandang, nilai kehidupan, system kepercayaan, kebiasaan, tindakan/keputusan dan karakter yang lama ditanggalkan, lalu kenakan yang baru yaitu yang sesuai dengan firman Tuhan dan kebenarannya.

Manusia baru menggunakan Firman Tuhan sebagai panduan dan pondasi kehidupan dalam berpikir, berdoa, berkata-kata, mengambil keputusan/bertindak, perenungan batin, beriman, berpengharapan, mengasihi Allah dan sesama serta dalam melawan serangan tipu daya iblis.

b. Rela menderita bersama Kristus dengan menyangkal diri dan memikul salib.

Baca Matius 16:24-26.

Sangkal diri artinya mati kepada kehendak pribadi dan menyerahkan hak kita kepada Yesus. Kita memilih menanggalkan ke‘aku’ an/kebenaran sendiri; menanggalkan pikiran, pengertian, perasaan dan keinginan sendiri; menanggalkan gengsi, harga diri, kenyamanan dan kepentingan diri sendiri demi taat kepada perintah/kehendak Allah. Kalau memilih mempertahankan ‘self’ , maka kita akan kehilangan nyawa dan hidup yang sesungguhnya.

Pikul salib artinya rela bayar harga, menerima tanggung jawab dan konsekuensi dari mengikut Yesus.

Sama seperti Kristus, kita juga harus siap ditolak, dibenci dan dianiaya oleh karena kebenaran. Oleh sebab itu, kenakan cara pandang yang benar sesuai firman agar kita tidak menjadi kecewa dan menolak Yesus :

  • Kita disebut berbahagia dan patut bersukacita serta bergembira karena upah kita besar di sorga (Matius 5:10-12)
  • Kita tidak usah takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa. Takutlah akan ALLAH yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka (Matius 10:28).

c. Berani melepaskan diri dari ikatan hal duniawi.

Kita tidak dapat menjadi murid Yesus jika mengasihi dunia. Dunia dan semua yang ada di dalamnya (keinginan untuk mengejar harta, tahta dan hawa nafsu) bukanlah berasal dari Allah. Bukan berarti kita tidak boleh memiliki dan menikmati berkat materi selagi masih hidup di dunia, tapi di mana hati kita berada akan menentukan respon kita. Jika hati kita mengasihi Tuhan lebih dari segalanya, maka kita tidak mengijinkan uang/berkat materi jadi tuan dan mengikat hidup kita. Talenta yang kita miliki misalnya jabatan, karunia, potensi, usaha, uang, harta benda dll adalah kepunyaan Tuhan. Kita dipercayakan untuk mengelola dan mengembangkannya untuk kemuliaan Tuhan.

Tidak seorang pun bisa mengatasi kelemahan dan melepaskan diri dari ikatan dengan kekuatan dan pengertiannya sendiri. Bagian kita adalah ‘percaya’ yang diikuti tindakan iman : saat Roh Kudus menyingkapkan kelemahan dan keadaan kita yang terikat hal-hal tertentu, responi dengan hati yang bersyukur, jujur mengakui di hadapan Tuhan; minta pertolongan Roh Kudus dan lakukan instruksiNya dalam ketaatan. Hanya Tuhan yang paling tahu cara terbaik untuk mengatasi kelemahan dan melepaskan kita dari ikatan.

PENUTUP

Tuhan Yesus mengajak kita untuk mengikut DIA serta menjadi murid agar kita menghidupi hidup yang dikehendaki Allah. Serahkan diri kita untuk diproses Tuhan; teruslah bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan DIA, maka kita akan dijadikan sebagai ‘penjala manusia’/soul-winner/pemenang jiwa, yaitu menangkap manusia lain untuk dibawa kepada ‘kehidupan’ Kerajaan Allah.