MENUNTASKAN AMANAT AGUNG MELALUI GEREJA LOKAL (bagian 1)

Home / Weekly Message / MENUNTASKAN AMANAT AGUNG MELALUI GEREJA LOKAL (bagian 1)
MENUNTASKAN AMANAT AGUNG MELALUI GEREJA LOKAL  (bagian 1)

PENDAHULUAN

Setelah bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita  diangkat menjadi anak-anak Allah yang hidup oleh iman. Sebagai bagian dari tubuh Kristus, kita tertanam dalam gereja lokal (BIC) yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menuntaskan Amanat Agung dengan urapan kuasa Roh Kudus. Menuntaskan Amanat Agung berarti bicara tentang memberitakan Injil, membaptis orang yang percaya kepada Kristus dan menjadikan mereka muridNya (Matius 28:19-20; Markus 16:15-18; KPR 1:8). 

ISI

Allah punya cara agar setiap orang mendapat kesempatan untuk mendengar Injil keselamatan agar terjadi penuaian jiwa sampai ke ujung bumi. One person at a time, reach one to reach everyone. Yesus Kristus adalah Tuhan bagi seisi dunia, tapi Ia juga Pribadi yang personal bagi tiap individu. Setiap orang berharga dan special di hadapanNya. Alkitab mencatat tentang orang-orang yang berjumpa Yesus secara pribadi antara lain Bartimeus si buta, orang tuli dan gagap dari Dekapolis, perempuan Samaria, orang yang kerasukan roh jahat di Gerasa, Saulus, dan masih banyak lagi.  Pengalaman mereka telah menjadi kesaksian bagi banyak orang yang hidup di jaman itu, lalu tersebar ke ujung bumi, dan sampai kepada kita yang hidup di akhir jaman.

Ketika satu orang berjumpa dengan Yesus, kesaksian hidupnya akan menjangkau banyak orang.‘Satu orang’ tersebut bisa saja pasangan kita, anak, orang tua, keluarga besar, tetangga, co-workers, boss, customer, atau siapa saja. Mungkin juga mereka adalah orang percaya namun hatinya sudah menjauh dari Tuhan. Kita bisa menjangkau mereka melalui doa, perbuatan kasih, gaya hidup kita yang berjalan dalam kebenaran dan pertobatan, pemberitaan Injil atau membagikan pengalaman kita bersama Tuhan. 

Bertekunlah melakukan hal-hal tersebut, jangan menyerah atau berkecil hati jika belum melihat hasil karena segala sesuatu akan terjadi pada waktunya Tuhan (Gal. 6:9). Tugas kita adalah memberitakan Injil; Allah-lah yang mengaruniakan roh pertobatan dan iman percaya kepada orang tersebut. Ada yang menabur, ada yang menuai, dan Allah yang memberi pertumbuhan. 

Ada 5 point yang harus kita perhatikan dan lakukan untuk menuntaskan Amanat Agung  :

1. COLLABORATE 

Amanat Agung tidak bisa dilakukan sendiri atau hanya oleh pihak tertentu saja, tapi harus  bersama-sama dengan orang percaya dalam gereja lokal dan global. Pastikan tiap anggota jemaat terhubung/tergabung dalam komunitas orang percaya. Minta Tuhan menunjukkan dan memampukan kita untuk melakukan bagian kita.

2. PRAY

Doakan agar Tuhan mengaruniakan roh pertobatan atas keluarga, teman/orang-orang yang Tuhan tempatkan di sekitar kita, kota, bangsa dan bangsa-bangsa. Minta agar Roh Kudus memberikan kita hati Bapa bagi jiwa-jiwa yang terhilang dan membangkitkan kegairahan/sukacita untuk memberitakan Injil keselamatan. Minta Tuhan mempertemukan kita dengan orang-orang yang tepat untuk dibawa kepadaNya. Doakan agar urapan Roh Kudus bekerja melalui kita untuk membawa jiwa kepada Kristus. 

3. MOBILIZE

Mobilisasi orang-orang yang Tuhan percayakan untuk digembalakan dalam gereja lokal (misalnya komunitas Cool) untuk melakukan hal yang sama : reach one to reach everyone. Ini bukan kegiatan musiman, tapi miliki komitmen untuk menjadikan Amanat Agung sebagai gaya hidup di manapun kita ditempatkan.

4. INVEST

Ajak saudara seiman untuk menggunakan energi, talenta, finansial, waktu, pemikiran, networking, atau sumber daya lain untuk mendukung pemberitaan Injil melalui gereja lokal/global. Kita menuntaskan Amanat Agung dengan melakukan Perintah Agung : …kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri ( Mark 12:31).

5. GO

Pergi, jangan menunda; lakukan bagian kita untuk pemberitaan Injil dengan menggunakan semua sumber daya yang tersedia. Mulailah dari orang-orang yang Tuhan tempatkan di sekitar kita. Jika Tuhan memberi kesempatan/menggerakkan kita untuk pergi ke bangsa-bangsa, lakukanlah itu dalam ketaatan. REACH ONE TO REACH EVERYONE 

Bersambung minggu depan …