ALLAH BERSUKACITA ATAS KEMENANGAN KITA

Home / Weekly Message / ALLAH BERSUKACITA ATAS KEMENANGAN KITA
ALLAH BERSUKACITA ATAS KEMENANGAN  KITA

TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai (Zefanya 3:17).

Setelah jatuh ke dalam dosa, manusia telah keluar dari kasih karunia Allah. Di luar Allah tidak ada kehidupan, pertolongan, jaminan dan damai sejahtera. Manusia hidup tersesat, menjadi budak dosa, hidup dalam kutuk dan menuju kepada kebinasaan. Karena kasihNya yang besar, Allah berinisiatif datang ke dunia lahir sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia yang percaya kepadaNya.

Allah sangat bersukacita dalam mengusahakan kebaikan, memberkati, memulihkan dan memberi kita kemenangan. Orang percaya adalah sasaran kasih dan perkenan Allah yang besar. Ia tidak pernah menyerah terhadap kita, walaupun kita penuh dengan kelemahan dan ketidakmampuan.

Untuk dapat memahami hal ini kita harus melihat dengan cara pandang kekekalan. Dunia cenderung mengukur dan menilai segala sesuatu dari hal-hal yang dapat dilihat, namun orang benar hidup oleh iman percaya kepada Kristus. Jika kita memahami apa yang Yesus sudah lakukan, maka sukacita Kristus di dalam kita menjadi penuh.

Merupakan suatu anugerah yang besar kalau kita telah diampuni dan tidak ditimpa murka Allah. Musuh sudah dikalahkan dan kita dibebaskan dari perbudakan Iblis serta dosa. Si jahat tidak bisa menjamah hidup kita karena Allah melindungi. Tuhan Yesus ada di antara kita sebagai pahlawan yang memberikan kemenangan karena Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Imanuel, Allah menyertai kita. Kasih Allah telah dicurahkan di hati kita melalui Roh KudusNya sehingga kita dapat terhubung denganNya melalui persekutuan serta hidup dalam kasih karunia untuk mendapatkan rahmat dan pertolongan pada waktunya.

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yohanes 14:16-17)

Sukacita kita akan mencapai puncaknya bila Allah menyatakan sepenuh kemuliaan dan kebesaranNya di bumi. Yesaya 35:4-10,

Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”

a. Tuhan menyelamatkan kita dari cengkraman musuh, oleh sebab itu kita tidak perlu takut dan menjadi tawar hati akibat intimidasi/ tipu daya Iblis. Roh kita telah dibebaskan dari belenggu kuasa kegelapan. Kita telah menjadi anak-anak terang, milik Kristus Yesus.

Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.

b. Tuhan memulihkan kehidupan kita secara fisik, mental, jiwa dan rohani. Dialah yang memikul kelemahan dan menanggung penyakit kita (Matius 8:17). Roh Kudus yang adalah sumber Air Hidup, menjadi mata air yang memulihkan hidup kita.

Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya. Di situ tidak akan ada singa, binatang buas tidak akan menjalaninya dan tidak akan terdapat di sana; orang-orang yang diselamatkan akan berjalan di situ,

c. Kita berjalan di dalam kebenaran dan kekudusan tanpa halangan karena tidak ada orang yang berbuat jahat atau berlaku busuk di Jalan Kudus Tuhan. Kita bisa menikmati hidup dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya karena lahir dari Allah dengan roh dan pikiran yang telah diperbarui firman Tuhan.

dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

d. Melalui kebenaran dan kekudusan, Allah akan menuntun kita memasuki Sion, kota kemenangan atas musuh-musuh kita (2 Samuel 5:6-7). Kemenangan yang dari Tuhan membuat kita diliputi kegirangan dan sukacita ilahi, duka dan keluh kesah akan menjauh. Sukacita karena Tuhan adalah perlindungan bagi jiwa kita untuk kuat dan cakap dalam menanggung segala perkara.

Allah sangat bersukacita melihat hidup kita diselamatkan dan dipulihkan kembali seperti awal penciptaan. Bangsa Israel dulunya bangsa budak yang tidak berdaya, namun dipilih dan diangkat Tuhan menjadi bangsa yang besar dan ternama di bumi.

Begitu pula kita Israel rohani yang telah dipanggil keluar dari perbudakan dosa. Kita dipulihkan dan dibuat Tuhan menjadi suatu kerajaan imam dan bangsa yang kudus, harta kesayangan Tuhan sendiri (Keluaran 19:5-6) untuk memberitakan perbuatan-perbuatan Allah yang besar di hadapan segala bangsa.

Allah yang telah menyertai kita di tahun 2022 juga akan menyertai kita di tahun depan. Dia berada di tengah umatNya untuk memberikan jaminan kemenangan dalam menghadapi segala perkara di masa mendatang yang penuh gejolak serta tantangan. Selamat hari Natal, Tuhan Yesus memberkati.

image source: https://www.kcisradio.com/blog/zephaniah-317-daily-verse/