TAHUN 5783 – PEY GIMEL

Home / Weekly Message / TAHUN 5783 – PEY GIMEL
TAHUN 5783 – PEY GIMEL

Dari tanggal 26 September 2022 sampai dengan 15 September 2023, menurut kalender Ibrani kita memasuki Tahun 5783 yang disebut dengan ‘Pey Gimel’ atau 83.
‘Pey’ adalah angka 80 yang menggambarkan mulut. Jadi memasuki tahun Pey Bet 5782 dan Pey Gimel 5783, kita diingatkan kembali tentang mulut. Mulut kita harus dipakai untuk memperkatakan hal-hal sorgawi, bukan tentang hal-hal duniawi.
Tuhan Yesus berkata dalam Matius 12:36-37,
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggung jawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”
Saya ingatkan agar kita semua berhati-hati dengan mulut kita,, supaya kita jangan dihukum. Amsal 21:23 berkata, 
“Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.” 
Memasuki Tahun 5783, kita diingatkan bahwa peranan mulut kita adalah untuk mendeklarasikan Firman Tuhan dan bernubuat. Mulut kita harus penuh dengan ucapan syukur dan perkataan yang saling membangun. Kita harus berkata jujur, bukan kebohongan. Orang yang sekali berkata bohong, dia akan terus berbohong untuk membuat ceritanya sepertinya benar dan masuk akal. Orang yang seperti ini akan berurusan dengan Tuhan. Hati-hati!
Memasuki Tahun 5783, kita juga akan melihat kasih karunia Tuhan yang luar biasa yang akan dicurahkan kepada mereka yang sungguh-sungguh mencari Tuhan. Berkat dan upah akan dilepaskan bagi mereka yang hidupnya intim dengan Tuhan. Namun bersamaan dengan itu akan ada pembersihan di rumah Tuhan dan penghakiman terhadap dunia.
1 Petrus 4:17 berkata bahwa penghakiman dimulai dari rumah Tuhan sendiri. Keputusan dan pilihan-pilihan yang diambil serta tindakan pertobatan dan pengampunan pada tahun 5783 ini konsekuensinya akan dirasakan pada tahun 5784. Ingatlah bahwa tahun 5784 adalah tahun 2023 dan sebagian tahun 2024.
Jadi artinya: apa yang kita lakukan pada tahun 2022 ini konsekuensinya akan dirasakan pada tahun 2023-2024. Karena itu saya mau ingatkan kita semua agar jangan main-main dengan Tuhan.
Sesuai dengan Mazmur 18:21-27, Daud berkata bahwa Tuhan memperlakukan kita sesuai dengan kebenaran kita. Tuhan akan membalas sesuai dengan kesucian kita.

Terhadap orang yang setia, Tuhan berlaku setia.
Terhadap orang yang tidak bercela, Tuhan akan berlaku tidak bercela.
Terhadap orang yang suci Tuhan akan berlaku suci.
Tetapi terhadap orang yang bengkok Tuhan akan berlaku belat-belit.
Saya berpesan dengan sungguh-sungguh, agar jangan sampai kita dibelatbeliti oleh Tuhan. Kita sering memperkatakan sesuai dengan 1 Korintus 2:9 yang berkata: 
“Apa yang belum pernah kita lihat, apa yang belum pernah kita dengar, apa yang belum pernah timbul dalam hati, semua disediakan bagi orang yang mengasihi Dia.”
Tetapi jangan lupa Firman Tuhan di dalam Ibrani 10:30-31 berkata: 
Sebab kita mengenal Dia yang berkata: “Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Dan lagi: “Tuhan akan menghakimi umat-Nya.” 
Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup. Dan ini juga akan terjadi kepada orang-orang yang bengkok, yang ber urusan dengan Tuhan. Sesuatu yang mengerikan akan terjadi, suatu kengerian yang Tuhan berikan kepada orang yang bengkok, yang dibelatbeliti Tuhan. Orang itu akan mengalami kengerian yang belum pernah dia pikirkan, yang belum pernah dia lihat, yang belum pernah timbul dalam hatinya. Dia akan mengalami kengerian yang seperti itu. Sekali lagi, saya mau katakan kepada Saudara: Jangan main-main dengan Tuhan! Hari-hari ini api pemurnian Tuhan sedang turun.
Tuhan juga mengingatkan saya dengan Markus 4:29 yang berkata, 
“…sebab musim menuai sudah tiba. Sebab musim menuai sudah tiba.”
Memasuki musim menuai ini, Tuhan memberikan pesan dari Lukas 12:1-5, di mana perikopnya menyatakan bahwa ini merupakan pelajaran khusus bagi murid-murid-Nya, yaitu Saudara dan saya.
Lukas 12:1-5 berkata, 

”Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi. Tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah. 
Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang kedalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!”
Di sini Tuhan mengingatkan kita sebagai murid-murid-Nya:
Jangan berlaku munafik
Jadilah orang yang berintegritas.
Segala kemunafikan akan dibuka oleh Tuhan
Tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak diketahui. Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.
Jangan takut kepada manusia yang hanya dapat membunuh tubuh, kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi.
Kita harus takut kepada Tuhan, sebab Tuhan dapat membunuh dan setelah itu mempunyai kuasa untuk melemparkan orang kedalam neraka.
Sekali lagi saya mau berpesan kepada kita semua, jangan main-main dengan Tuhan!
MAKNA TAHUN 5783 – PEY GIMEL
Rabbi Felix Halpern adalah seorang nabi Yahudi Mesianik, yang akurat, yang pernah dinyatakan meninggal secara medis, pernah melihat sorga dan hidup kembali.
Rabbi Halpern membagikan penglihatannya tentang tahun 5783. Dia melihat selubung-selubung akan dirobek. Sang Singa akan merobek-robek selubung untuk menyingkapkan apa yang tersembunyi. Ini adalah tahun untuk memilih, maka kuasa Allah akan menyingkapkan apa yang dilakukan oleh pemerintah-pemerintah di udara yaitu kuasa-kuasa kegelapan. Tuhan berkata, bahwa umat-Nya akan melihat ilah-ilah di balik aborsi, ilah-ilah di balik LGBT, ilah-ilah di balik struktur politik dan ilah-ilah di balik perdagangan.
Tahun 5783 adalah tahun di mana umat-Ku menjadi lebih tajam memahami alam roh dan terbuka untuk memilih dan berdoa.
Selubung-selubung yang ada dari 7 gunung:
Arts and Entertainment (Seni dan Hiburan)
Business (Bisnis)
Church (Gereja)
Development of the Poor (Pelayanan kepada orang-orang miskin)
Education (Pendidikan)
Family (Keluarga)
Government (Pemerintahan)
akan disingkapkan oleh Tuhan.
Di tahun 5783 ini, keluarga, gereja dan pemerintah akan menertibkan rumah tangga mereka. Ini adalah tahun untuk bergerak maju. “Perhatikan dan pahami apa yang akan Aku tunjukkan sehingga kamu dapat memilih”, kata Tuhan. Tuhan berkata banyak yang telah keluar atau menyimpang dari posisi mereka dalam pelayanan mereka dalam kerajaan Allah. Tuhan berkata apa yang kita perbuat di tahun 5783 atau tahun 2022, konsekuensinya akan dialami di tahun 5784 atau tahun 2023. Karena itu, tahun 5783 atau tahun 2022 ini, ini adalah waktu untuk bertobat dari dosa yang tersembunyi.

Pesan Tuhan kepada kita memasuki Tahun 5783 agar kita hidup kudus. Ibrani 12:14 berkata,
“…. Sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.”

Nabi Yesaya dalam Yesaya 6:5 berkata,
“Lalu kataku: “Celakalah aku! Aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni TUHAN semesta alam.”
Ketika melihat Allah, di hadapan kekudusan Allah, nabi Yesaya langsung menyadari bahwa ia najis, khususnya dalam hal mulut. Mungkin selama ini mulutnya dipakai untuk memperkatakan hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan. Berbohong dianggap sebagai hal yang biasa.
Apa yang dilakukan oleh nabi Yesaya? Dia bertobat dan minta ampun. Setelah nabi Yesaya bertobat dan minta ampun, maka Serafim mengambil bara api yang diambil dari atas mezbah dan menyentuhkannya kebibir Yesaya sehingga kesalahannya dihapus dan dosanya diampuni. Setelah itu nabi Yesaya dipakai Tuhan secara luar biasa.
Jika ada di antara kita, apalagi seorang hamba Tuhan, yang sedang berhadapan dengan api Tuhan yang turun, sedang berhadapan dengan kekudusan Tuhan, tetapi tidak merasakan dosa yang dilakukannya dan dengan bermacam-macam alasan membenarkan dirinya, sehingga tidak bertobat dan minta ampun, saya mau katakan: “Anda harus hati-hati! Ingat, bagi orang-orang yang bengkok Tuhan akan berlaku belatbelit. Jangan sampai dibelatbeliti Tuhan. Kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak ada seorang pun yang akan melihat Tuhan.”
Tuhan Yesus akan datang segera. Dan pengangkatan hanya bagi orang-orang yang hidupnya kudus, orang yang menjadi serupa dengan gambar Yesus dan menjadi murid Tuhan Yesus. Maranatha!

image source: https://www.hearthymn.com/1-peter-4-17-judgment-in-the-last-days.html