HIDUP DALAM PIMPINAN ROH KUDUS

Home / Devotional Blog / HIDUP DALAM PIMPINAN ROH KUDUS
HIDUP DALAM PIMPINAN ROH KUDUS

“Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.”

Galatia 5:16-17

Pesan Tuhan untuk bulan Agustus ini adalah: Hidup Dalam Pimpinan Roh Kudus.

Keluaran 13:17-22, “Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: “Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir.” Tetapi Allah menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir. Musa membawa tulang-tulang Yusuf, sebab tadinya Yusuf telah menyuruh anak- anak Israel bersumpah dengan sungguh-sungguh: “Allah tentu akan mengindahkan kamu, maka kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini.” Demikianlah mereka berangkat dari Sukot dan berkemah di Etam, di tepi padang gurun. TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. Dengan tidak beralih tiang awan itu tetap ada pada siang hari dan tiang api pada waktu malam di depan bangsa itu.”
Sebagai orang percaya harus hidup dipimpin oleh Roh Kudus, baca firman Tuhan setiap hari.
Galatia 5:18; 22-26, “Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. … Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.”
Bagaimana Cara Roh Kudus Memimpin?
1. Selalu tidak masuk akal kita (Mat 10:19-22; Yoh 6:57-63).
Orang yang mau dipimpin oleh Roh Kudus itu mempunyai keyakinan bahwa firman Tuhan itu iya dan amin, meskipun terkadang firman Tuhan kelihatannya tidak masuk akal, yang penting sabar, tabah hati dan jangan complain karena Tuhan yang menyertai kita.
Matius 10:19-22, “Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”
2. Jalannya kudus dan tidak pernah salah (Maz 77:14-15).

3. Jejaknya tidak kelihatan (Maz 77:20-21; 78:12-33).
Mazmur 78:12-20, “Di hadapan nenek moyang mereka dilakukan-Nya keajaiban-keajaiban, di tanah Mesir, di padang Zoan; dibelah-Nya laut, diseberangkan-Nya mereka; didirikan-Nya air sebagai bendungan, dituntun-Nya mereka dengan awan pada waktu siang, dan semalam suntuk dengan terang api; dibelah-Nya gunung batu di padang gurun, diberi-Nya mereka minum banyak air seperti dari samudera raya; dibuat-Nya aliran air keluar dari bukit batu, dan dibuat-Nya air turun seperti sungai. Tetapi mereka terus berbuat dosa terhadap Dia, dengan memberontak terhadap Yang Mahatinggi di padang kering. Mereka mencobai Allah dalam hati mereka dengan meminta makanan menuruti nafsu mereka.
Mereka berkata terhadap Allah:”Sanggupkah Allah menyajikan hidangan di padang gurun? Memang, Ia memukul gunung batu, sehingga terpancar air dan membanjir sungai-sungai; tetapi sanggupkah Ia memberikan roti juga, atau menyediakan daging bagi umat-Nya?”
Seringkali kita juga di dalam hidup kita bertanya: “Sanggupkah Tuhan menolong hidup saya?” Akhirnya bangsa Israel yang memberontak kepada Tuhan itu mati dipagut oleh ular. Tuhan yang memberikan mereka makan manna di padang gurun, Tuhan membuktikan bahwa Ia sanggup menolong; Tuhan sanggup menjadikan yang tidak ada menjadi ada.
4. Kelihatannya tidak ada harapan, tetapi ujung-ujungnya untuk kebaikan dan keuntungan kita (Kis 27:20-25).
Kisah 27:20-25, “Setelah beberapa hari lamanya baik matahari maupun bintang-bintang tidak kelihatan, dan angin badai yang dahsyat terus-menerus mengancam kami, akhirnya putuslah segala harapan kami untuk dapat menyelamatkan diri kami. Dan karena mereka beberapa lamanya tidak makan, berdirilah Paulus di tengah-tengah mereka dan berkata: “Saudara- saudara, jika sekiranya nasihatku dituruti, supaya kita jangan berlayar dari Kreta, kita pasti terpelihara dari kesukaran dan kerugian ini! Tetapi sekarang, juga dalam kesukaran ini, aku menasihatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati, sebab tidak seorangpun di antara kamu yang akan binasa, kecuali kapal ini. Karena tadi malam seorang malaikat dari Allah, yaitu dari Allah yang aku sembah sebagai milik-Nya, berdiri di sisiku, dan ia berkata: Jangan takut, Paulus ! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang ada bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau. Sebab itu tabahkanlah hatimu, saudara-saudara! Karena aku percaya kepada Allah, bahwa semuanya pasti terjadi sama seperti yang dinyatakan kepadaku.”
Ciri-ciri Orang Yang Tidak Mau Dipimpin Roh Kudus:

1. Hidupnya berpusat pada diri sendiri (2 Tim 3:1-9).

2 Timotius 3:1-5, “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama. tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka , tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!”
Orang sudah mulai tidak tahu berterima kasih dan tidak menghormati orang tua. Hormatilah orang tuamu, Alkitab berkata orang yang menghormati orang tuanya akan berumur panjang di bumi.
2. Hati dan jiwanya tidak setia kepada Allah (Maz 78:8-11).

Masih ingat bani Korah yang memberontak sehingga bumi terbelah dan menelan mereka semua yang memberontak.
3. Tidak mau tunduk pada otoritas Allah (Bil 16:1-3).
4. Senang melakukan kedagingan (Gal 5:19-21). Galatia 5:19-21, “Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” Kalau kita mau masuk sorga, jauhkan kedagingan dari hidup kita.

Siapa Orang Yang Dipimpin Roh Kudus:
1. Mampu berkata “Thank You, God” (1 Tes 5:18). Selalu dari hatinya bersyukur atas hidupnya dan berterima kasih kepada Tuhan.
2. Orang yang haus dan lapar akan firman Tuhan (Mat 5:6). Berbahagialah orang yang haus akan kebenaran fiman Tuhan.
3. Memiliki kasih Kristus (1 Kor 13:1-13).
4. Tidak gila hormat, tidak saling menantang dan mendengki (Gal 5:25-26).
5. Menjauh dari keinginan-keinginan daging (Gal 5:19-21)
6. Hidup dengan iman / tidak takut untuk memulai (1 Raja 17:13-16; 2 Tim 1:7).

1 Raja 17:13-16, “Tetapi Elia berkata kepadanya: “Janganlah takut, pulanglah, buatlah seperti yang kaukatakan, tetapi buatlah lebih dahulu bagiku sepotong roti bundar kecil dari padanya, dan bawalah kepadaku, kemudian barulah kaubuat bagimu dan bagi anakmu. Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Tepung dalam tempayan itu tidak akan habis dan minyak dalam buli-buli itupun tidak akan berkurang sampai pada waktu TUHAN memberi hujan ke atas muka bumi.” Lalu pergilah perempuan itu dan berbuat seperti yang dikatakan Elia; maka perempuan itu dan dia serta anak perempuan itu mendapat makan beberapa waktu lamanya. Tepung dalam tempayan itu tidak habis dan minyak dalam buli-buli itu tidak berkurang seperti firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Elia.”
Orang yang dipimpin Roh Kudus, ia punya hati yang selalu berjalan dengan iman dan tidak ada ketakutan dalam hidupnya, terus hidup kudus dan memberi, karena Tuhan yang menuntun hidupnya.
1 Korintus 13:1-7, “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang
ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.”
Saya berdoa hari ini agar kita semua hidup dipimpin oleh Roh Kudus, setiap hari mampu berkata “Terima kasih, Tuhan”, mempunyai hati yang haus dan lapar akan firman Tuhan, baca firman Tuhan setiap hari dan memiliki kasih Kristus dalam hidup kita. Amin.
Ringkasan Tuntunan Pst Nehemia untuk Bulan Agustus

image source: https://www.bible.com/bible/111/GAL.5.16.NIV